Tausiah

Perjalanan menuju rumah Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam untuk melihat seluk beluk kehidupan dan tata krama pergaulan beliau merupakan perjalanan yang sangat diidamkan setiap orang. Terlebih lagi bila diniatkan untuk menggapai pahala di sisi Allah Subhannahu wa Ta'ala. Sebuah perjalanan yang sarat ibrah dan pelajaran, penuh teladan dan anutan. Yaitu perjalanan melalui kitab-kitab dan riwayat-riwayat dari lisan para sahabat Radhiallahu'anhu ;. Sebab, kita tidak dibolehkan melakukan perjalanan ke makam atau rumah beliau atau ke tempat-tempat lainnya selain ke tiga masjid, sebagaimana yang disebutkan Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam dalam hadits:

“Janganlah mengadakan perjalanan (secara khusus) ke-cuali ke tiga masjid, Masjidil Haram, Masjidku ini (Masjid Nabawi), dan Masjidil Aqsha.” (Muttafaq ‘alaih)

Apa yang telah Anda perbuat bagi sang ibu? Meski Anda merasa telah memberikan segala kebutuhannya, itu belum cukup untuk membalas perjuangannya membesarkan Anda. Ya, mulai dari ia mengandung, melahirkan, menyusui hingga mendidik Anda hingga kini, semua itu membutuhkan perjuangan yang ekstra. Dan Anda tak akan mungkin mampu melakukan hal yang sama pada ibu. Meski Anda tak akan mungkin mampu membalas semua kebaikan yang ibu berikan pada Anda, setidaknya Anda jangan sampai menyusahkannya. Ya, memang banyak sekali di antara kita yang masih melukai hati sang ibu. Ia lupa bahwa ibunya memiliki jasa besar padanya.

Allah Ta'ala berfirman:
"...Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya, dan Dialah pemberi rezeqi yang terbaik". (QS. Saba': 39)

Ibnu Katsir rahimahullah berkata dalam tafsirnya tentang ayat tersebut: "Apa saja yang kalian infakkan pada jalan yang Allah perintahkan dan Allah bolehkan bagi kalian, maka niscaya Allah ta'ala akan menggantinya; baik ganti di dunia (dengan serupa atau yang lebih baik), dan di akhirat Allah akan memberikan pahala dan balasan kebaikan."

Sebagaimana dalam hadits qudsi yang tsabit, Allah ta'ala berfirman: "Berinfaklah wahai anak Adam niscaya Aku akan memberikan infak kepadamu..." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya dalam setiap pagi harinya terdapat dua malaikat yang berjalan, salah satu dari mereka berkata: Ya Allah berilah kepada orang yang menahan hartanya (tidak menginfakkannya) dengan kerusakan (pada hartanya), sedang malaikat yang lainnya berkata: Ya Allah berilah ganti kepada orang yang menginfakkan hartanya". ( HR. Al-Bukhari )"